Rabu, 11 September 2019

Berapa Pangsa Pasar Asuransi Syariah Di Ri? Ini Kata Ojk

Jakarta - Asuransi syariah di Indonesia kurang dilirik. Hal ini tercermin dari data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang menyebutkan market share atau pangsa pasar yang masih rendah adalah 3,45% dari seluruh asuransi wajib dan asuransi sosial.

Jumlah aset asuransi syariah secara nasional mencapai Rp 34,3 triliun. Sedangkan untuk aset asuransi konvensional tercatat Rp 958,06 triliun. Kemudian untuk total aset adonan mencapai Rp 992,34 triliun.

Rendahnya pangsa pasar asuransi syariah ini, turut mensugesti jumlah market share Industri Keuangan Non Bank (IKNB) syariah yang hanya mencapai 4,62%.

Deputi Komisioner OJK IKNB I, Edi Setiadi mengatakan, apabila asuransi syariah komersial dibandingkan dengan asuransi konvensional komersial maka market share industri asuransi syariah mencapai 5,92%.

"Ini di luar asuransi wajib dan asuransi sosial menyerupai Jasa Raharja, ASABRI dan BPJS," ujar Edi menyerupai dikutip dari keterangan tertulis, Sabtu (29/4/2017)

Sementara itu, Lembaga Keuangan Mikro (LKM) memiliki market share terbesar di IKNB syariah adalah 23,82%, Lembaga Keuangan Khusus menyerupai Pegadaian, Lembaga Pembiayaan Ekspor Impor (LPEI) dan penjaminan tercatat 9,75% lalu forum pembiayaan sebesar 7,22% dari pertumbuhan dan return asuransi syariah.

Pengamat Asuransi Syariah Erwin Noekman menambahkan ketika ini memang asuransi syariah masih mempunyai porsi yang tidak sebesar asuransi konvensional di Indonesia.

Menurut dia, bicara soal asuransi, memang banyak yang kurang memahami apalagi menawarkan apresiasi jenis keuangan ini. "Apalagi asuransi syariah, biasanya orang pribadi terlintas 'binatang' apalagi ini," ujar Erwin.

Namun, berdasarkan dia, tingkat pertumbuhan asuransi syariah relatif lebih baik dibandingkan dengan industri sejenis di lahan konvensional. Tahun ini diprediksikan asuransi syariah akan tumbuh di kisaran 15% - 20% ini dari sisi donasi dan premi syariah.

Dia menambahkan, dari sisi aset diestimasikan dapat tumbuh lebih besar. Erwin meyakini, pertumbuhan dari jumlah pemain akan bertambah, seiring dengan gencarnya pemilik modal yang ingin menaikkan kelas Unit Usaha Syariahnya menjadi perusahaan asuransi syariah. (hns/hns)

Sumber: finance.detik

Berapa Pangsa Pasar Asuransi Syariah Di Ri? Ini Kata Ojk Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Update

0 komentar:

Posting Komentar