Jakarta, Gatra.com - Dewan Asuransi Indonesia (DAI) selenggarakan serangkaian acara pada Insurance Day 2018.
“Ini merupakan salah satu kalender industri asuransi Indonesia dalam mendukung acara pemerintah, meningkatkan literasi dan edukasi keuangan. Sekaligus kita ingin membantu meningkatkan dan memajukan penetrasi kesadaran berasuransi di Indonesia,” terperinci Ketua Dewan Asuransi Indonesia, Dadang Sukresna, di Jakarta, Kamis (18/10).
Melanjutkan tema terdahulu yang telah menjadi jargon industri asuransi yaitu “Mari Berasuransi”, Insurance Day 2018 mengangkat sub tema “Cerdas, Sejahtera, dan Mandiri”.
“Tema ini menggambarkan tujuan bersama industri asuransi Indonesia, untuk sanggup meningkatkan pemahaman asuransi, khususnya meningkatkan literasi dan inklusi keuangan. Kita ingin mendorong ketersediaan kanal dan layanan keuangan yang menyentuh seluruh lapisan masyarakat di Indonesia,” tambah Dadang.
Berdasarkan catatan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) per 2017, indeks literasi asuransi di Indonesia gres mencapai 15,76%. Angka ini turun dari survei 2013 kemudian di angka 17,84%. Sementara tingkat utilitas mencapai 12,08%, tidak berubah jauh dari survei 2013 yang sebesar 11,81%.
Ini berarti, dari 100 orang Indonesia hanya 15 hingga 16 orang yang mengenal forum jasa keuangan asuransi. Sementara hanya ada 12 orang yang sudah memakai jasa asuransi.
“Penetrasi asuransi di Indonesia ketika ini gres mencapai sekitar 6-7 %. Jumlah ini terbilang masih sangat kecil dibandingkan populasi Indonesia yang mencapai lebih dari 265 juta jiwa, yang mempunyai asuransi gres mencapai 1,7%,” ujar Dadang.
Ia menambahkan, dari jumlah penduduk yang begitu besar, tentunya kenaikan penetrasi 1% saja akan terlihat peningkatan yang cukup besar dari sisi jumlah orang yang memahami pentingnya berasuransi.
Kegiatan Insurance Day 2018 fokus pada generasi milenial. Pasalnya, menurut data BPS, jumlah usia yang masuk pada generasi milenial (usia 17-35 tahun) atau disebut juga sebagai Gen “Y”, mencapai angka 30,1%. Generasi ini dianggap sebagai kekuatan besar perekonomian bangsa ke depan, sebagai generasi yang didukung oleh kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan.
Insurance Day 2018 melaksanakan acara literasi keuangan secara serentak di 15 kota bertajuk “Goes To Campus”, melalui seminar dan kuliah umum. Mulai dari Banda Aceh, Medan, Palembang, Semarang, Jogjakarta, Surakarta, Surabaya, jember, Bali, Banjarmasin, Samarinda, Makassar, Manado, dan Jayapura. Puncak program Insurance Day 2018 akan diselenggarakan pada 16-18 November 2018 mendatang di Bandung.
Reporter: Didi Kurniawan
Editor: Flora L.Y. Barus
Sumber: Gatra
Jumat, 06 September 2019
Insurance Day 2018 Fokus Pada Generasi Milenial
Artikel Terkait Insurance Day 2018 Fokus Pada Generasi Milenial :
Aaui : Rasio Klaim Asuransi Umum Membaik Bisnis.com, JAKARTA—Rasio klaim industri asuransi umum membaik seiring dengan menurunnya rasio klaim menjadi 45,1% pada kuart ...
Ojk Bebaskan Distribusi Asuransi Lewat Digital Bisnis.com, JAKARTA – Pada peringatan hari asuransi nasional ke-13, rendahnya literasi masyarakat terhadap asuransi menjadi dud ...
Jasindo Optimis Raup Rp 1,7 Triliun Dari Ritel KONTAN.CO.ID - PT Asuransi Jasa Indonesia alias Jasindo masih optimis dengan prospek bisnis asuransi kerugian di segmen r ...
Lentera, Produk Gres Asuransi Bri Life Untuk Gen Milenial REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- BRI Life mengeluarkan produk asuransi gres yang dinamakan Asuransi Lentera. Produk unggulan ini m ...
Optimisme Ekonomi Digital Indonesia © Disediakan oleh PT. Kompas Cyber Media Presiden Grup Bank Dunia Jim Yong Kim (kiri) bersama Pendiri Alibaba Jack Ma (kanan) ...
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar